Penilaian Penilaian harus memberikan hasil yang dapat diterima oleh semua pihak, baik yang dinilai, yang menilai, maupun pihak lain yang akan menggunakan hasil penilaian tersebut. Hasil penilaian akan akurat bila instrumen yang digunakan untuk menilai, proses penilaian, analisis hasil penilaian, dan objektivitas penilai dapat dipertanggungjawabkan.
Penilaian harus memperhatikan prinsip-prinsip berikut.
1. Sahih
Penilaian harus dilakukan berdasar pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur. Untuk memperoleh data yang dapat mencerminkan kemampuan yang diukur harus digunakan instrumen yang sahih, yaitu instrumen yang mengukur apa yang seharusnya diukur.
2. Objektif
Penilaian
tidak dipengaruhi oleh subjektivitas penilai. Karena itu perlu dirumuskan
pedoman penilaian (rubrik) sehingga dapat menyamakan persepsi penilai dan
meminimalisir subjektivitas, apalagi dalam penilaian kinerja yang cakupan, otentisitas,
dan kriteria penilaiannya sangat kompleks. Untuk penilai lebih dari satu perlu
dilihat reliabilitas atau konsistensi antar penilai (interrater reliability)
untuk menjamin objektivitas setiap penilai.
3. Adil
Penilaian
tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik karena perbedaan latar
belakang agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, gender, dan
hal-hal lain. Perbedaan hasil penilaian semata-mata harus disebabkan oleh
berbedanya capaian belajar peserta didik pada kompetensi yang dinilai.
4. Terpadu
Penilaian
merupakan salah satu komponen yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran.
Penilaian merupakan proses untuk mengetahui apakah suatu kompetensi telah
tercapai. Kompetensi tersebut dicapai melalui serangkaian aktivitas
pembelajaran. Karena itu penilaian tidak boleh terlepas apalagi melenceng dari pembelajaran.
Penilaian harus mengacu pada proses pembelajaran yang dilakukan.
5. Terbuka
Prosedur
penilaian dan kriteria penilaian harus jelas dan dapat diketahui oleh siapapun.
Pihak yang dinilai (peserta didik) dan pengguna hasil penilaian berhak tahu
proses dan acuan yang digunakan dalam penilaian, sehingga hasil penilaian dapat
diterima oleh siapa pun.
6. Menyeluruh dan Berkesinambungan
Penilaian
oleh pendidik mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai
teknik penilaian yang sesuai, untuk memantau perkembangan kemampuan peserta
didik. Instrumen penilaian yang digunakan, secara konstruk harus
merepresentasikan aspek yang dinilai secara utuh. Penilaian dilakukan dengan berbagai
teknik dan instrumen, diselenggarakan sepanjang proses pembelajaran, dan
menggunakan pendekatan assessment as
learning, for learning, dan of
learning secara proporsional.
7. Sistematis
Penilaian
dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah baku.
Penilaian sebaiknya diawali dengan pemetaan. Dilakukan identifikasi dan
analisis KD, dan indikator ketercapaian KD. Berdasarkan hasil identifikasi dan analisis
tersebut dipetakan teknik penilaian, bentuk instrumen, dan waktu penilaian yang
sesuai.
8. Beracuan Kriteria
Penilaian
pada kurikulum berbasis kompetensi menggunakan acuan kriteria. Penentuan
seorang peserta didik telah kompeten atau belum bukan dibandingkan terhadap
capaian teman-teman atau kelompoknya, melainkan dibandingkan terhadap kriteria minimal
yang ditetapkan. Peserta didik yang sudah mencapai kriteria minimal disebut
tuntas, dapat melanjutkan pembelajaran untuk mencapai kompetensi berikutnya,
sedangkan peserta didik yang belum mencapai kriteria minimal wajib menempuh remedial.
9. Akuntabel
Penilaian dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya. Akuntabilitas penilaian dapat dipenuhi bila penilaian dilakukan secara sahih, objektif, adil, dan terbuka, sebagaimana telah diuraikan di atas. Bahkan perlu dipikirkan konsep meaningful assessment. Selain dipertanggung jawabkan teknik, prosedur, dan hasilnya, penilaian juga harus dipertanggungjawabkan kebermaknaannya bagi peserta didik dan proses belajarnya.
Dengan semakin banyaknya jenis, waktu, dan teknik penilaian kiranya sangat bermanfaat apabila aplikasi zipgrade ini digunakan.
0 comments:
Posting Komentar