merdeka belajar | merdeka mengajar

11 Februari 2022

Kinerja | Penilaian Produk

Penilaian Produk dilakukan terhadap kualitas teknis dan estetis hasil kerja atau produk yang telah dibuat peserta didik. Hasil kerja peserta didik dapat berupa produk yang terbuat dari kain, kertas, metal, kayu, plastik, keramik; hasil karya seni seperti lukisan, gambar, patung, dan karya sastra; dan laporan hasil penelitian/karya ilmiah. Penilaian produk dapat dilakukan pada semua mata pelajaran seperti dapat dilihat pada Tabel 3.2. 






Aspek yang dinilai dalam penilaian produk ditulis dalam rubrik penilaian. Rubrik penilaian berisi kriteria-kriteria berkaitan dengan kualitas teknis dan estetis suatu produk. Kriteria-kriteria tersebut harus lengkap, jelas, mudah diamati, dan dapat diukur. Penilaian praktik dan penilaian produk bisa dilakukan pada satu kegiatan keterampilan.Dalam hal ini, penilaian dapat difokuskan baik pada proses (praktik) maupun produk. Oleh karena itu,  penugasan dan rubriknya mencakup kedua bentuk penilaian tersebut, sehingga rubrik penilaiannya terdiri atas rubrik penilaian praktik dan rubrik penilaian produk. 

Contoh: 

Percobaan di laboratorium IPA biasanya dilakukan untuk meminta peserta didik untuk melakukan percobaan/pengamatan dan juga membuat laporan hasil dari percobaan tersebut. 

 Aspek yang dinilai:             -   

 tahap persiapan/perencanaan

 tahap pelaksanaan

 tahap akhir/pembuatan laporan 

Pemberian skor dapat diberikan dengan memberi bobot yang lebih besar pada aspek yang diutamakan. 

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Translate

Online User

User Online

Total Tayangan Halaman

Support